German Language Coordinator, Language Coordinator

by denny.kusuma on 

December 9, 2016
Apakah kemampuan bahasa asing kita sudah siap kala hubungan ekonomi bilateral Jepang-Indonesia semakin membaik
whatsapp_image_2016-12-08_at_22.28.14.jpeg

Kamis 8 Desember 2016 pukul 18:30-21:00 WIB Koordinator Polyglot Indonesia Surabaya berkesempatan menghadiri resepsi Ulang Tahun Kaisar Jepang Akihito yang diadakan Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya di hotel JW Marriott.

The Consul-General of Japan in Surabaya, Mr. Yoshiharu Kato mengawali pidato dengan bela sungkawa kepada para korban gempa di Aceh. Rasa simpati begitu mendalam begitu mengetahui bencana gempa ini terulang kembali di aceh.  Beliau melanjutkan bahwa tepat pada tanggal 23 Desember 2016 nanti, Kaisar Jepang berusia 83 tahun dan memasuki tahun ke 29 menjadi Kaisar. Mr. Yoshiharu memaparkan pemikirannya tentang hubungan Jepang dan Indonesia yang pada 2018 nanti memasuki tahun ke 60 jalinan kerjasama.

Hubungan khusus Jepang dan Surabaya sudah lama terjalin sebelum Perang Dunia II, sekitar tahun 1920an. Hubungan ini semakin meningkat ditunjukkan dengan banyaknya jumlah warga negara Jepang yang tinggal di Jawa Timur, hingga kini lebih dari 770 orang serta 150 perusahaan Jepang aktif beroperasi di Jawa Timur. Sementara itu untuk peminat bahasa Jepang tergolong besar, tingkat kemampuan masyarakat Jatim yang menguasai bahasa Jepang cukup tinggi dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia. Pemerintah Jepang juga mengirim warganya untuk menjadi guru bahasa Jepang di berbagai sekolah di Jatim untuk mendampingi guru bahasa jepang dalam pengajaran. Peningkatan ketertarikan kepada Jepang juga dibuktikan dengan meningkatnya jumlah kunjungan masyarakat Jatim ke negeri Jepang, yang berarti hubungan bilateral kedua negara ini semakin membaik.

Sementara itu Gubernur Jatim Soekarwo menggaransi pluralitas di daerahnya terjaga dengan baik sehingga para investor dari luar negeri tidak perlu khawatir untuk berinvestasi di Jatim.

Menurut Soekarwo, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pimpinan daerah di Jatim agar Jatim tetap kondusif. Untuk itu, Soekarwo mengingatkan investor bahwa Jatim paling nyaman untuk investasi.  "Di bidang politik tidak ada faksi, di bidang sosial budaya, Jatim sangat terbuka," katanya.

acara resepsi ulang tahun Kaisar Akihito ini dihadiri oleh banyak kalangan yang berpengaruh dibidangnya seperti: Panglima Armatim, Konsul Jenderal Kerajaan Maroko, perwakilan Konsulat Jenderal Amerika Serikat, dan rekanan Konsulat Jenderal Jepang dari pemerintahan, bisnis, akademisi serta media.

whatsapp_image_2016-12-08_at_22.28.15.jpeg

On the occasion of the birthday of the emperor of Japan, by denny.kusuma

 

About the author

Content you may like

Dunia telah berkembang sedemikian...

Ketupat atau kupat adalah hidangan...

Menurut pengalaman studi saya, ada...

The beauty of speaking several...
Sunday, December 7th, 2014 – Chapter...
Polyglot Indonesia is present at the...
TEASER PING 2016
In the honour of the Indonesian...
Polyglot Indonesia goes to UNAOC Global...

 

            Seperti yang...

Pada era kini, mempelajari bahasa...

Globalisasi menjadi sebuah fenomena...

Polyglot Indonesia is present at the...
TEASER PING 2016
In the honour of the Indonesian...
Hari ini, Minggu, 3 January 2016,...

Home

Organization

Newsletter