by elmy.melani on 

November 30, 2015
"Pemandu Wisata dari 7 Negara" meetup September 2015
20150920_1221031.jpg

Semarang- Mengisi akhir pekan dengan mengadakan pertemuan komunitas di klenteng Sam Poo Kong menjadi pilihan menarik bagi para pecinta bahasa yang tergabung dalam Komunitas Polyglot Indonesia, Minggu (20/9).

          Sebanyak 20-an orang dari Semarang mengikuti acara tersebut dari awal hingga akhir. Kegiatan yang diisi dengan perkenalan peserta, pengenalan komunitas dan diskusi tentang pariwisata serta presentasi dari tiap-tiap kelompok diskusi dimana tiap-tiap kelompok mempelajari bahasa yang berbeda baik asing maupun bahasa Indonesia atau bahasa daerah.

          Tujuan diadakan pertemuan yang biasanya diadakan tiap satu bulan sekali ini bertujuan agar para pecinta bahasa/anggota komunitas/partisipan dapat menambah wawasan mereka dalam berbahasa, mempelajari bahasa yang menjadi minatnya dan meningkatkan rasa percaya diri dalam praktek berbicara menggunakan bahasa asing maupun bahasa indonesia dalam bersosialisasi.

          Meet-up yang diadakan pada bulan september ini bertema pariwisata, dimana terdapat pembagian menjadi 7 kelompok bahasa yaitu bahasa Indonesia, bahasa Prancis, Bahasa Turki, Bahasa Inggris, Bahasa Spanyol, Bahasa Arab dan Bahasa Italia. Masing-masing kelompok diharapkan untuk berdiskusi tentang tema Pariwisata, dengan begitu mereka tidak hanya mempelajari tentang bahasanya saja, melainkan juga tentang budayanya. Acara meet-up kali ini kedatangan 2 teman asing yang sedang mengikuti Darmasiswa dari Unnes. Mereka mengaku senang dapat bergabung dan berkesempatan mengajari sedikit bahasa Spanyol dan belajar berbahasa Indonesia.

          Setelah melakukan diskusi antar kelompok, kemudian secara bergiliran akan mempresentasikan hasil diskusi mereka dengan menggunakan bahasa yang mereka pelajari beserta terjemahannya. Mereka berpura-pura menjadi agen pariwisata untuk menarik minat wisatawan untuk mengunjungi negara yang mereka pelajari bahasanya. Hal ini membuat suasana menjadi sangat menarik, anggota kelompok lainpun jadi bisa belajar sedikit tentang bahasa lain.

          Setelah presentasi selesai, peserta diberi kesempatan untuk menyampaikan kesan mereka dalam mengikuti meet-up hari itu, kritik serta saran. Beberapa memberikan kritik, kesan dan saran yang bermanfaat dalam  pelaksanaan meet-up di bulan berikutnya. Pada akhir acara, semua anggota melakukan foto bersama untuk dokumentasi.

          Bagi teman-teman yang ingin mengikuti kegiatan bulanan Polyglo

t Indonesia, bisa langsung mengunjungi fanpage di facebook maupun di alamat polyglotindonesia.org, Biasanya PIC (Person In Charge) akan mengumumkan informasi dan sebagai penanggung jawab acara di halaman facebook maupun twitter. Dengan hanya mengisi formulir pendaftaran saja dan sama sekali tidak dipungut biaya, semua orang dapat bergabung dan belajar bersama. Tidak perlu lagi takut untuk berbicara bahasa asing, seperti motto Polyglot Indonesia yaitu “SPEAK UP..!!!”.

(Indah_PICoS).

Content you may like

Ketupat atau kupat adalah hidangan...

Dunia telah berkembang sedemikian...

Pernahkah kamu berpikir mengapa...

You may not know this but every year on...
Good Day, Language Enthusiasts!...
Keberagaman Suku Indonesia  (via: pelajaran.co.id)
Language is a vital element of human...
lobalisasi menjadi sebuah fenomena yang...
Polyglot Indonesia is present at the...

Banyak yang bermimpi untuk mampu...

You may not know this but every year...

¡Saludos a los entusiastas del...

Keberagaman Suku Indonesia  (via: pelajaran.co.id)
Language is a vital element of human...
lobalisasi menjadi sebuah fenomena yang...
Polyglot Indonesia is present at the...