French Language Coordinator

by zhakia.ulfah on 

November 3, 2015
The Birth of Laskar Italiano and TIRAMISU
li.jpg

Sudah kesekian kalinya kami mendapatkan pesan dari Mrs. X. Beberapa dari kami mulai bertanya-tanya mengenai keberadaan Madame misterius ini. Ditengah perdebatan ringan tentang sang madame, tiba-tiba saja Ulum mengetik kata ‘Pizza’ pada grup WhatsApp. Tanpa disadari pembicaraan pun beralih topic, dari wanita misterius pemberi pesan menjadi fashion kota Milano di Italia.

Pada saat itulah salah satu Polyglot Bandung memberikan sebuah jawaban dan juga mimpi baru bagi kami. Beliau adalah Zul, Opa, kami memanggilnya. Sekilas tentang Opa, beliau adalah salah satu member paling ‘berpengalaman’ di antara kami semua. Meskipun usianya sudah tidak semuda member yang lain, akan tetapi semangat belajar dan berbagi ilmunya nya jauh melebihi kebanyakan pemuda-pemudi di era sekarang. Beliau sempat menghabiskan waktunya di beberapa negara, seperti Perancis, Italia, Swedia dan masih banyak lagi. Hal inilah yang tampaknya menjadi landasan beliau dalam menguasai bahasa asing.

Kembali ke topic semula. Tanpa diduga, Opa muncul dengan tawaranya yang menakjubkan.

“Kalau serius, hayo buka kelas Italia. Nanti saya yang ajar, kita belajar bersama”

Tidak sampai satu menit, para language enthusiasts Bandung pun langsung menanggapi dengan semangat yang tinggi. Dan pada saat itulah, Laskar Italiano terbentuk.

Setelah seharian berkompromi, akhirnya hari sabtu pun ditetapkan sebagai hari pertemuan rutin. Tidak hanya menyumbangkan ilmunya, Opa pun dengan senang hati menyediakan tempat belajar di rumahnya. Pertemuan pertama, pada tanggal 10 Oktober 2015 ini pun juga menjadi hari lahirnya kata sakral Tiramisu. Ya TIRAMISU !

 

Begini awal mulanya…

Mungkin sebagian dari kita mengenal kata tiramisu sebagai sebuah nama dessert. Lezat dan pastinya menggugah selera. Akan tetapi, di kelas Laskar Italia ini, arti lain dari nama Tiramisu terungkap. Disaat mengerjakan soal-soal latihan yang diberikan, tiba-tiba saja Opa berkata :

“Saya tidak mengerti, kenapa makanan itu namanya Tiramisu”

Sontak kami kaget mendengar pernyataan Opa yang tiba-tiba membahas makanan.  Iruz yang sedari tadi sudah kelaparan dengan sigap bertanya :

“memang tiramisu kenapa Opa?”

Kini, perhatian yang lain pun mulai tertuju pada sang tuan rumah

“Jadi di dalam bahasa Italia, Tira itu mempunyai arti imperative Pull atau tarik. Dan kata Mi sendiri mempunyai arti Me atau saya, object direct, nah sedangkan kata memiliki makna Up atau atas. Jadi, secara harfiah, Tiramisu memiliki makna TARIK SAYA KE ATAS atau PULL ME UP “

Sontak mendengar penjelasan Opa, beberapa dari tim laskar senyum-senyum kecut menahan tawa. Entah apa yang ada dipikiran mereka saat mendengar penjelasan tersebut. Yang jelas, setelah hari itu, kata Tiramisu menjadi kata yang cukup sacral di grup Polyglot Indonesia Bandung.

Akan tetapi, pelajaran tidak hanya sebatas penjelasan Tiramisu saja. Pertemuan pertama tersebut juga membahas tentang beberapa penekanan di bahasa Italia. Salah satunya adalah penekanan di dua suku kata awal seperti ultimo dan timido. serta, jika di akhir kata ada huruf dengan accento, biasanya nadanya agak sedikit datar seperti perché.

Tidak terasa, hampir 3 jam kami mengutak-atik kertas materi yang diberikan Opa. Kelas pun tiba di akhir sesi, dan sesi ini adalah hal yang paling menarik dan ditunggu-tunggu : Conversation ! Yup, pada akhir pertemuan,  para anggota laskar diminta untuk mempraktekan apa yang telah dipelajari, khususnya, latihan percakapan. Pertemuan pun diakhiri dengan pembagian bahan baru untuk pertemuan berikutnya.

Laskar Italiano pun telah bersiap-siap meninggalkan kediaman Opa, saat kami tak terduga mendapatkan sebuah info baru…

“Zaza just got another message from Mrs. X”

 

 

 

Written by :

Fairuz and Zhakia

P.S : nama-nama di atas bukanlah nama asli

 

----BERSAMBUNG---

----

PI Bandung Group Disscussion: Polyglot Indonesia Bandung

Fan Page: Polyglot Indonesia

Twitter: @polyglotindo

Dokumentasi Lengkap: https://www.facebook.com/media/set/?set=a.1238311276196648.1073741982.34...

Polyglot Indonesia? SPEAK UP!

 

 

 

 

About the author

This regional coordinator of Polyglot Indonesia Bandung is known for being talkative and always have a lots of spirits. As a student of French Literature at University of Padjadjaran, she always has a crush on language. After attending a cultural exchange program in France view months ago, her interest about learning new languages is getting bigger. At this moment, she's in the middle of her thesis about French Semantic.

Content you may like

Dunia telah berkembang sedemikian...

Ketupat atau kupat adalah hidangan...

Menurut pengalaman studi saya, ada...

The beauty of speaking several...
Sunday, December 7th, 2014 – Chapter...
Polyglot Indonesia is present at the...
TEASER PING 2016
In the honour of the Indonesian...
Polyglot Indonesia goes to UNAOC Global...

Apakah kamu sadar bahwa bahasa...

Speak Up

Polyglot Indonesia has this great...

Polyglot Indonesia is present at the...
TEASER PING 2016
In the honour of the Indonesian...
Hari ini, Minggu, 3 January 2016,...

Home

Organization

Newsletter