kunto.nurcahyoko's picture
Contributor
June 13, 2015
2nd Birthday Bash-Polyglot Indonesia Chapter of Semarang (PICoS)
Group Picture

Pada umumnya, ulang tahun adalah momen yang sangat ditunggu oleh seseroang.  Momen ulang tahun merupakan saat bersuka cita, saat merefleksi diri, serta saat berkumpul dengan orang-orang terdekat. Karena hanya datang satu kali saja dalam setahun, maka ulang tahun biasanya dirayakan dengan meriah dan rasa gembira.

Demikian pula yang terjadi di Semarang tanggal 6 Juni 2015 kemarin. Polyglot Indonesia Chapter of Semarang (PICoS) merayakan ulang tahunnya yang kedua. Meskipun sebenarnya ulang tahun PICoS jatuh pada tanggal 7 Juni, tetapi perayaan kemarin tetap terlaksana dengan luar biasa ramai. Organisasi tempat berkumpul para pembelajar bahasa di Semarang ini mengundang para anggotanya untuk berkumpul bersama dengan pot luck style-yaitu masing-masing peserta diwajibkan membawa makanan/minuman yang bisa dibagi dengan peserta lain. 

Tak kurang dari 40 anggota tumpah ruah merayakan suka cita ulang tahun PICoS yang kedua ini sejak sore hingga malam hari di Ruang Studio Mini Balaikota Semarang. Acara ini diselenggarakan berkat kerja sama antara Polyglot Indonesia dengan Pusat Informasi Publik, Pemerintah Kota Semarang. Selain itu, dukungan dari teman-teman PI pusat dan chapter lain menjadikan kemeriahan ulang tahun PICoS semakin terasa. Seperti banyaknya Video ucapan dari sahabat PI di Jerman, Itali, Amerika, dan daerah-daerah Indonesia lainnya.

Meskipun antusiasme peserta acara begitu luar biasa, sebenarnya acara Birthday Bash kali ini dirayakan dengan konsep yang cukup sederhana. Acara dimulai dengan pemotongan tumpeng sebagai simbolisasi rasa syukur teman-teman PICoS. Pemotongan tumpeng yang diwakili oleh coordinator regional PICoS juga menjadi pembuka acara.

Setelah acara potong tumpeng, terdapat penayangan slide video perjalanan PICoS selama setahun kebelakang. Foto-foto dan video dalam slide tersebut diambil dari kegiatan-kegiatan PICoS dari sejak bulan Juli 2014 sampai meetup bulan Mei kemarin. Suasana kekeluargaan begitu terasa saat para anggota melihat foto-foto kegiatan selama setahun.

Saat penayangan video berakhir, peserta diperbolehkan saling bertukar makanan. Karena kali ini PICoS mengharuskan setiap peserta untuk membawa makanan dan membaginya ke teman-teman yang lain, maka banyak sekali makanan yang tersedia. Bahkan terdapat beberapa makanan dari negara-negara yang mereka pelajarai bahasanya, sebut saja Spaghetti, Salad, Pie, dll. 

Acara selanjutnya yaitu PICoS’ Got Talent. Para peserta diberikan kesempatan untuk menunjukkan kebolehannya seperti membaca puisi, mime,  bernyanyi, dan juga membaca cerita. Peserta diharuskan mengisi form terlebih dahulu jika ingin tampil. Karena antusiasme peserta begitu tinggi, panitia harus membatasi jumlah penampil karena keterbatasan waktu. 

Setelah selesai mengadakan PICoS’ got talent, panitia melanjutkan acara penyampaian kesan pesan. Beberapa peserta maju dan menyampaikan kesan mereka bergabung selama satu tahun. Ada pula anggota baru yang juga menyampaikan kesan mereka mengenai PICoS. Setelah itu, acara yang terakhir adalah penerbangan lampion. Di depan balai kota, para anggota PICoS menerbangkan lampion yang menyimbolkan tingginya harapan-harapan positif untuk PICoS di masa yang akan datang. 

Perjalanan PICoS selama 2 tahun ini memang luar biasa. Seperti organisasi yang lain, PICoS tentu mengalami pasang surut. Tetapi perayaan kemarin membuktikan bahwa anggota PICoS sangat berkomitmen untuk terus menjaga semangat, khususnya untuk terus mempelajari bahasa.

Melalui acara perayaan ulang tahun kemarin, diharapkan agar perjuangan teman-teman PI di Semarang dan seluruh Indonesia terus terjaga. Seperti yang diucapkan olah sahabat-sahabat PICoS di video Birthday Bash, bahwa temen-temen PICoS harus selalu bersemangat untuk berkontribusi secara positif di masyarakat. Terima kasih atas segala dukungan kepada PICoS, termasuk para coordinator, contributor dan teman-teman yang lain. Tunggu karya dan kontribusi temen-temen PICoS lainnya yak!

 

Polyglot Indonesia!

SPEAK UP!!!

 

By: Kunto Nurcahyoko – Regional Coordinator of PICoS

Content you may like

Dunia telah berkembang sedemikian...

Ketupat atau kupat adalah hidangan...

Menurut pengalaman studi saya, ada...

When the moon hits your eye like a big...
Good Day, Language Enthusiasts!...
Keberagaman Suku Indonesia  (via: pelajaran.co.id)
Language is a vital element of human...
lobalisasi menjadi sebuah fenomena yang...
Polyglot Indonesia is present at the...

¡Saludos a los entusiastas del...

안녕하세요 자카르타 언어 애호가들~
...

Dalam rangka mempermudah belajar...

Keberagaman Suku Indonesia  (via: pelajaran.co.id)
Language is a vital element of human...
lobalisasi menjadi sebuah fenomena yang...
Polyglot Indonesia is present at the...