Guest Contributor

by teddy.nee on 

September 11, 2017
Biasakan dirimu dengan logat bahasa Inggris yang berbeda
inja-pavlic-351545_2.jpg

Kamu sudah mempelajari suatu bahasa tapi masih tidak bisa mengerti apa yang dikatakan oleh penuturnya? Jangan takut, mungkin kamu salah menggunakan metode pembelajaran.

Stephen King berkata ““If you want to be a writer, you must do two things above all others: read a lot and write a lot.  (Jika kamu mau menjadi seorang penulis, kamu harus melakukan dua hal di atas segalanya: banyak membaca dan banyak menulis)”

Sewaktu kamu mempelajari sebuah bahasa, mungkin kebanyakkan waktu digunakan untuk mempelajari tata bahasa dan kosa kata, namun ada satu hal penting yang menjadi bagian dari percakapan kita, yaitu logat.

Bahasa Indonesia adalah sebuah bahasa yang boleh dikatakan cukup “internasional” dalam arti kata digunakan oleh orang-orang dari berbagai macam suku, budaya dan bahasa asli. Dan dikarenakan beberapa faktor, bahasa Indonesia dari satu tempat menjadi berbeda sedikit dengan di tempat lain.

Misalnya, di Medan “kereta” berarti “motor”, atau di Jakarta “kakak” digunakan untuk laki-laki dan perempuan, sedangkan di Medan hanya digunakan untuk perempuan, dan “abang” digunakan untuk laki-laki.

Logat bahasa inggris

Biasanya, kita hanya mengenal 2 tipe logat bahasa Inggris: Amerika dan Inggris. Pada kenyataannya, terdapat berbagai logat di Britania Raya dan Amerika Serikat. Lalu, logat manakah yang kita maksud?

Di samping dua logat itu, terdapat juga logat-logat dari negara-negara lain, misalnya, Singapura, Jamaika, Nigeria, dll. Terdapat lebih dari 50 negara di dunia ini yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi.

Di sini saya akan menunjukkan logat bahasa Inggris dari 3 komedian dari negara berbeda agar kamu dapat melatih pendengaranmu dan menikmati humor mereka.

1. Emmanuela (Nigeria)

Anak kecil berbakat ini memulai karir komedinya dari YouTube dan dia mendapatkan dua penghargaan dari Afro-Australian Music & Movie Awards (AAMMA) di Sydney, Australia. Selain bahasa Inggris, yang merupakan bahasa resmi Nigeria, terdapat juga banyak bahasa lokal lainnya, misalnya Hausa, Igbo, Yoruba, dll.

2. Laughing Samoans (Selandia Baru)

Grup ini dibentuk oleh 2 orang Samoa: Eteuati Ete dan Tofiga Fepulea'i. Bahasa dari Samoa adalah bahasa Inggris dan bahasa Samoa, dan bahasa resmi dari Selandia Baru adalah bahasa Inggris. Dikarenakan latar belakang mereka yang Polinesia, terdapat banyak topik yang berkaitan dengan budaya tersebut di komedi mereka.

3. Maz Jobrani (Amerika Serikat)

Dia adalah seorang komedian Iran-Amerika, juga dikenal sebagai Persian Pink Panther. Walaupun keluarganya pindah ke Kalifornia sewaktu dia berumur 6 tahun, dia masih bisa berbahasa Persia. Topik dari komedi dia selalu berkaitan dengan stereotipe Timur Tengah.

Apapun logatnya, yang paling penting adalah membiasakan dirimu dengan cara bicara dari berbagai negara sehingga kamu dapat berkomunikasi dengan siapapun dalam bahasa Inggris karena bahasa Inggris adalah bahasa internasional, jadi kesempatan untuk menggunakannya sangat besar. Hal ini dapat dicapai dengan latihan pendengaran yang berkelanjutan.

 

Referensi
https://buzzghana.com/nigerias-emmanuela-wins-award-australia/
https://www.naij.com/383776-top-10-most-popular-languages-in-nigeria.html 

Inja Pavlić

About the author

Programer | Blogger Bahasa | Kolektor | Penutur Multibahasa | Penerjemah | Penulis

Kunjungi blog saya di www.neeslanguageblog.com

Content you may like

Dunia telah berkembang sedemikian...

Ketupat atau kupat adalah hidangan...

Menurut pengalaman studi saya, ada...

The beauty of speaking several...
Sunday, December 7th, 2014 – Chapter...
Polyglot Indonesia is present at the...
TEASER PING 2016
In the honour of the Indonesian...
Polyglot Indonesia goes to UNAOC Global...

 

            Seperti yang...

Pada era kini, mempelajari bahasa...

Globalisasi menjadi sebuah fenomena...

Polyglot Indonesia is present at the...
TEASER PING 2016
In the honour of the Indonesian...
Hari ini, Minggu, 3 January 2016,...

Home

Organization

Newsletter